Belajar Yuk !!!

Strategi Pembelajaran.

Oleh : Mulyoto, S.PdI,M.Pd

untuk para orang tua dan pendidik desa ketitang khususnya dan semua pembaca secara umum, ada langkah yang jitu agar dalam mengajari putra – putri kita dapat sesuai tujuan dan paham akan materi. langkah itu nama strategi pembelajaran. supaya lebih rinci dan jelas berikut pemaparannya.

Strategi atau model pembelajaran sangat penting untuk siswa agar merasa nyaman dan menyenangka dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Guru diharuskan memilih metode yang tepat untuk suatu materi tertentu.. berikut beberapa strategi pembelajaran yang bisa menjadi acuan dan pilihan unutk langsung diterapkan dalam pembelajaran.

Model pembelajaran menurut Kardi dan Nur ada lima model pemblajaran yang dapat digunakan dalam mengelola pembelajaran, yaitu: pembelajaran langsung; pembelajaran kooperatif; pembelajaran berdasarkan masalah; diskusi; dan learning strategi.

Banyak metode pembelajaran yang tersedi tetapi emilih metode sangatlah penting untuk keaktifan siswa dan respon mereka pad pembelajaran tersebut. Pasti diantara kita banyak yang mempunyai guru idola sewaktu SD, SMP maupun SMA. Itu pasti. Penulis sendiri juga punya saat sekolah dulu. Lalu mengapa suka terhadap guru tertentu…? tentunya banyak alasannya dan salah satunya pasti karena penggunaan metode guru tersebut yang efektif. Entah lucu, menyenangkan, ringan atau entah bagaimana siswa menilai yang penting pasti mempunyai ciri khas tersendiri dan ciri khas itu cenderung ke penggunaan metode.

Saat sekolah dulu saya suka sama metode tanya jawab yang juga akan diuraikan dibuku ini. Bagiaman tidak, ada pertanyaan yang di sampiakan guru dan siswa cenderung aktif untuk memnajawbnya dikarenakan ada nilai 100 yang siswa tulis jika bisa menjawab. Meskipun bukan gilirannya tetapi jika nanti semua siswa tidak bisa menjawab pasti pertanyaan itu akan sampai ke kita dan kesempatan kita untuk menjawabnya. Itu membuat motivasi tersendiri buat siswa untuk mengikuti pelajarn dengan metode tanya jawab. Lebih asyiknya berikut beberapa metode yang dapat menjadi referensi saat pembelajaran.(*)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*